Friday, February 25, 2011

confi PENGANTAR JAVA

confiPENGANTAR JAVA

Java Interpreter dan ByteCode
Program Java dapat dikompilasi untuk kemudian menghasilkan ByteCode. ByteCode ini kemudian dapat diinterpretasikan (dieksekusi) di banyak platform dan dapat dipindahkan dari satu platform (misalnya Intel) ke platform lain (misalnya RISC)

Keunggulan Java
Berdasarkan White Paper yang ditulis oleh perancang bahasa pemrograman java, yang menjelaskan tujuan rancangan dan keunggulan Java, terdapat 11 keunggulan java :
(1)  Sederhana
(2)  Object Oriented
(3)  Terdistribusi
(4)  Kuat (Robust)
(5)  Aman (Secure)
(6)  Netral Arsitektur
(7)  Portable
(8)  Interpreter
(9)  Kinerja yang tinggi
(10)   Multithreading
(11)   Dinamis
(12)   API yang lengkap

Aplikasi Program Java
ü  Aplikasi Console
Aplikasi nonvisual yang menggunakan fasilitas monitor sederhana, seperti umumnya aplikasi DOS. Aplikasi ini umumnya digunakan sebagai metoda untuk debugging, atau keperluan troubleshooting program
ü  Aplikasi Windows
Aplikasi yang menggunakan komponen “windowing”, point & click seperti lazimnya aplikasi di windows
ü  Applet
Aplikasi “windowing” yang berjalan di web-browser seperti internet explorer. Applet merupakan java byte code yang berada pada web-server, kemudian code ini ditransfer ke web-client(browser) dan browser tersebut kemudian menginterpretasikan byte code dengan java virtual machine (JVM)
ü  Servlet
Seperti juga Applet, tapi berjalan di web-browser sebagai aplikasi. Request dari web-client akan diterima oleh web-server, kemudian request tersebut diteruskan ke servlet dengan mengeksekusi code tersebut (dengan JVM). Hasil eksekusi servlet akan disampaikan ke web-server lalu diteruskan ke web-client.
ü  JSP (Java Server Page)
Adalah java code yang digabung dengan format HTML, kemudian dieksekusi di web-server. JSP menyerupai ASP (Active Server Pages) dan PHP (Personal Home Page). Untuk menjalankan jsp diperlukan web-server seperti apache.
ü  JFC (Java Foundation Class)
Bermula dari AWT (Abstract Windowing Tools) pada Java Development Kit (JDK) versi 0.1, library ini terus dikembangkan dan akhirnya pada JDK versi 1.2 (dikenal Java2) mempunyai pengganti AWT yang disebut SWING.
Swing merupakan kumpulan class yang berisi komponen-komponen windows dan lainnya yang dapat digunakan oleh aplikasi. Selain swing, JFC menawarkan Dekstop Color, fasilitas Printing, Java2D API, fasilitas cut-paste + clipboard dan lainnya.

No comments:

Post a Comment