Wednesday, June 25, 2014

canon atau Nikon ???

mungkin diantara teman saat ini ada yang tengah kebingungan untuk memilih camera mana yang cocok untuk digunakan antara canon atau nikon, karena dua merk tersebutlah yang bisa dikatakan penguasa pasar camera DSLR di indonesia.

kebingungan kebingungan semakin terasa jikalau dana yang kita miliki pas-pasan (saya bingung memilih camera mana karena dana pas-pasan dan sebagian dananya buat hari esok saya hehe), ditambah lagi ada banyak pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan antara dua merek tersebut yaitu :

dari segi fitur dikatakan oleh situ2 yang melakukan review mendalam bahwasanya camera nikon itu unggul di bagian Fitur, seperti ada menu guide mode untuk pemula dalam mengatur camera di berbagai kondisi pemotretan, serta memiliki sensor yang lebih besar dari canon, ruang buffer yang besar pula yang mengakibatkan pengambilan foto lebih cepat dibandingkan canon. wow... selain itu si Nikon ini juga memiliki resolusi camera yang jauh dibandingkan canon kelas pemula atau budger dibawah 6Jt-an loh...

untuk Nikon D3100 cameranya 14Mp sedangkan canon 1100D cuma 12Mp lalu naik ke atasnya canon 600D camera 18Mp dan nikon D3200 memiliki camera 24Mp.  selain itu dari sisi kedalaman warna si Nikon memiliki bit yang lebih besar pula yaitu sekitar 24Bit untuk tipe D3200 loh... yang mengakibatkan kedalaman warnanya lebih nampol dibanding Canon Namun menurut cerita dari tulisan yang saya baca di berbagai situs juga si Nikon ini memiliki kekurangan juga seperti usianya yang KATANYA lebih singkat dari canon "Hllo masalah usia mah takdir keles..!!" lalu masalah after sale/ claim garansi yang dikatakan lama "Kaloo masalah ini saya tidak bisa berkomentar apapun, tetapi bagi saya penanganan garansi yg prima adalah pertimbangan utama untuk membeli sebuah produk, dan perlu di ketahui bahwa semakin prima pelayanan purna jual akan menunjukan seberapa berkualitas sebuah produk karena produk yang baik tidak akan mengalami kerusakan yang fatal sehingga jika di garansikan akan cepat ditangani dan diselesaikan itulah yg membuat pelayanannya tampak prima tapi kalo masalahnya besar dan banyak yang claim garansi wow pasti lama kali kita nunggu tuh barang jadi ", yup disini saya baru mengungkapkan si Nikon ini. dan mari kita bahas tentang si canon biar dia gak ngiri hehe..

Canon canon canon hayo siapa yang tidak pernah mendengan namanya di seantero indonesia???  pasti kalo gak pernah denger pernah baca sekilas tentang nama canon ini, entah itu di foto copyan, warnet,  galery foto, tempat cetak foto "Tapi kebanyakan tempat cetok foto pakai brand Fujifilm dengan tulisan guede bunget boss padahal didalam studio fotonya sang fotografer pakai camera canon loh hohoho ini pengalaman pribadi waktu cetak foto "
back to the point......

canon ini memang kalah dari segi fitur, resolusi, kedalaman bit, body,dll yang saya gak tau, namun si canon ini banyak dipilih oleh para pecinta camera DSLR terutama yangmasih baru coba2 dan yang ingin ber ekspresi pakai kamera DSLR biar dibilang keren n gaul bro :D but tidak cuman itu sih, canon juga dipakai di tempat foto2 yang ada di pinggir jalan loh dan mungkin tempat fotografer besar pun tidak sedikit yang menggunakan jasa si canon ini untuk menghasilkan gambar prima. yup si canon ini udah punya teknologi yang bisa bikin gambar jadi lebih halus meskipun megapiksel, sensor n kedalaman bit dibawah nikon, nama teknologinya saya lupa :D... selain itu si canon juga cocok dengan segala jenis lensa canon baik yang baru maupun yang lama knapa??? karena udah pakee motor stabilizer atau apalah yang inti kerja motor itu membuat sensor pada bodi si canon ini menyesuaikan diri dengan lensang yang dipasangkan..... istilah gaulnya camera CANON  SUPEL dan MUDAH BERADABTASI DENGAN LINGKUNGAN hehe... sementara si Nikon 98% tidak kompatibel dengan lensa yang selain milik serinya atau lensa yang jadul karena tidak memiliki teknologi si canon tadi. si nikon bisa kok ganti lensa n pakai lensa diluar serinya tapi harus lensa yang punya teknolongi image stabiliser kayak di body canon tadi, yang bikin harga lensanya lebih WOW menurut saya...



sampai saat ini saya masih bingung menentukan pilihan :D


No comments:

Post a Comment