Wednesday, March 2, 2011

tahapan HACKING

dalam buku hacking exps0sed (pada websit www.hackingexposed.com) karangan stuard mcclure, joel scambry dan g0erge kurtz/ proses hackhng dibagi menjadi beberapa langkah yaitu:

1. footprinting
tahap ini adalah dimana sang hacker mencari informasi tentang targetnya sebanyak dan sdk0mplit mungkin agar jalan menuju tahap selanjutnya dapat berjalan agak mudah karena dapat direncanakan dengan matang.
informasi tsb bisa didapatkan dari internet, k0ran, majalah dsb yg dapat memberikan data yg akurat dan sesuai dengan yg dibutuhkan.

2. scanning.
Tahap ini merupakan tindak lanjut dari tahap pertama. tahap ini merupakan tahap dimana se0rang hakcer menganalisa service yang dijalankan 0leh targetnya (server dan r0uter di internet) scanning ini biasanya dilakukan dengan cara ping,nmap,dll.

3. enumeration
tahap ini merupakan tahapan dimana se0rang hacker menc0ba melakukan k0neksi atau berhubungan dengan mesin targetnya.

4. Gaining access
perc0baan untuk mengambil alih mesin target dengan berdasar kepada inf0rmasi yg didapatkan sebelumnya.

5. Escalating Privilege
meningkatkan hak akses apabila hacker telah berhasil masuk kedalam sistem server atau r0uter target.

6. covering track.
tujuan dari tahap ini adalah untuk menhapus segala jejak yang dapat membahayakan hacker/ maksudnya adalah agar posisi hacker tidak dapat di lacak 0leh target.

7. creating backdoors
creating backdoors adalah tahapan dimana hacker membuat jalan rahasia untuk keluar masuk sistem tanpa diketahui.

8. denial of service
apa bila segala upaya telah dilakukan 0leh se0rang cracker untuk menguasai sistem target namun ternyata hanya menemukan jalan buntu saja atau mengalami kegagalan maka upaya terakhir sang cracker adalah dengan melakukan DENIAL 0F SERVICE yga merupakan wujud dari keputus asaan sang cracker. denial 0f service lebih dikenal dengan DOS/DDOS dimana bisa menyebabkan server/r0uter restart bahkan bisa sampai rusak atau crash

cukup sekhan dulu. nanti akan saya tambah.

No comments:

Post a Comment