Monday, June 24, 2013

TUTORIAL MERAKIT PC

TUTORIAL MERAKIT PC

Pembahasan pada modul materi merakit dan troubleshooting komputer ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
1.    Pengenalan  Teknologi  Komputer  dengan  pendekatan  hardware  (hardware  approach)  yang menjelaskan bagian dari komputer secara keseluruhan baik secara sistem maupun  secara detil perbagian dengan pendekatan hardware untuk mempermudah pengenalan komputer secara komprehensif dan aplikatif.
2.    Merakit Komputer, menjelaskan bagaimana merakit komputer dengan tuntunan praktis disertai dengan gambar dan penjelasan.
3.    Troubleshooting, menjelaskan deteksi kesalahan dalam merakit komputer dan pemecahannya.



Pengenalan Hardware Komputer

Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu
1.    CPU ( Central Processing Unit )/Processor
2.    Memory ( RAM dan ROM )
3.    Input/Output.


Dimana  bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother
Board, selanjutnya akan diperinci bagian-bagian dari Komputer tersebut :
1. Central Processing Unit / Processor
Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000
MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.


2.  Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya  sampai  yang  terlambat.  Berdasarkan  kecepatan  aksesnya  dapat  dibuat  hirarki  memori seperti pada table 1.1. berikut.




Tercepat




Terlambat
Register
Chace Memory
Main Memory
Sekunder Memory

Tabel 1.1 Tabel Hirarki memori berdasar kecepatan akses

Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan hubungan lain, yaitu :
     Hubungan  Harga  :  Semakin  kebawah  adalah  harganya  semakin  murah.  (Harga  dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
     Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
     Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.

Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agara intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.


2.1 Register Memori
Merupakan jenis memori dimana kecepatan akses yang paling cepat, Memori ini terdapat pada
CPU/Processor.
Contoh : Register Data, Register Alamat, Stack Pointer Register, Memory Addresss Register, I/O Address register, Instruction Register , dll.


2.2 Cache Memori
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Cache memory ini ada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

Cache Memory ini ada dua macam yaitu :
1.    Cache Memory   yang terdapat pada internal Processor , chace memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada Processor yang berharga mahal seperti P4,P3,AMD-Athlon dll, semakin tinggi kapasitas L1,L2 Chace memori maka semakin mahal dan semakin ceppat Processor.

2.    Chace Memory yang terdapat diluar Processor, yaitu berada pada MotherBoard, memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat chache memori jenis pertama ( yang ada pada internal Processor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat.  Hal  ini  bisa  kita  lihat  pada  Motherboard                           dengan  beraneka  ragam  kapasitas  chace memory yaitu 256kb, 512kb, 1Mb, 2Mb dll.



No comments:

Post a Comment